GCG

Diposkan pada 30 Apr 2018 19:13

                                                       LAPORAN PENERAPAN TATA KELOLA

                                                          PT BPR GUNA DAYA BOYOLALI

                                                           Periode Januari S.D. Desember 2017

 

 

 

Sehubungan dengan  Peraturan Otoritas Jasa Keuangan  No. 4/POJK.03/2015 tanggal 31 Maret 2015 tentang PENERAPAN TATA

KELOLA BAGI BANK PERKREDITAN RAKYAT dan Surat Edaran  Otoritas Jasa Keuangan No. 5/SEOJK.03/2016 tanggal 10

Maret 2016 tentang PENERAPAN TATA KELOLA BAGI BANK PERKREDITAN RAKYAT, maka PT BPR GUNA DAYA

BOYOLALI pada tahun 2017 merealisasikan pembuatan Laporan untuk periode Januari sampai dengan Desember 2017  dengan

mengacu padaprinsip-prinsip keterbukaan (transparency),  akuntabilitas (accountability), pertanggungjawaban  (responsibility),

  independensi  (independency),  dan kewajaran (fairness)denganpenjelasanbahwa :

  • Keterbukaan (transparency)yaitu keterbukaan dalam mengemukakan informasi yang material dan relevan serta keterbukaandalam

          proses pengambilan keputusan. 

  • Akuntabilitas (accountability) yaitu kejelasan fungsi dan pelaksanaan pertanggungjawaban organ BPR sehingga pengelolaannya

          berjalan secara efektif. 

  • Pertanggungjawaban (responsibility) yaitu kesesuaian pengelolaan BPR dengan peraturan perundang-undangan dan prinsip-prinsip

          pengelolaan BPR yang sehat. 

  • Independensi (independency) yaitu pengelolaan BPR secara profesional tanpa pengaruh atau tekanan dari pihak manapun. 
  • Kewajaran (fairness) yaitu keadilan dan kesetaraan dalam memenuhi hak-hak pemangku kepentingan  (stakeholders)  yang  timbul

          berdasarkan perjanjian dan peraturan perundangundangan.

Laporan Penerapan Tata Kelolatersajikan sebagai berikut :

  • POKOK-POKOK ISI LAPORAN

MengacupadaPsl 75 POJK No.4/2015)dan SE OJK No. 5/2015 tentangPenerapan Tata kelola, pokok-pokokisilaporandisusunsebagaiberikut:

  • Ruang  lingkup  Tata  Kelola  adalah penilaian faktor-faktor yang meliputi :
    • Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Direksi;
    • Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris;
    • Pelengkapan dan pelaksanaan tugas atau fungsi komite;
    • Penanganan benturan kepentingan;
    • Penerapan fungsi kepatuhan, audit intern, dan audit ekstern;
    • Penerapan manajemen risiko, termasuk sistem pengendalian intern;
    • Patas maksimum pemberian kredit;
    • Rencana bisnis BPR;
    • Transparansi kondisi keuangan dan non keuangan.

Selainituhasil penilaian (self assesment) atas penerapan Tata Kelola BPR yang akan disajikan dalam Kertas Kerja tersendiri dan sebagai bagian yang tidak terpisahkan dalam Laporan ini.

  • Kepemilikan  saham  anggota  Direksi  serta  hubungan  keuangan  dan/atau hubungan  keluarga  anggota  Direksi  dengan  anggota  Dewan  Komisaris, anggota  Direksi  lain  dan/atau  pemegang  saham  BPR
  • Kepemilikan  saham  anggota  Dewan  Komisaris  serta  hubungan  keuangan dan/atau  hubungan  keluarga  anggota  Dewan  Komisaris  dengan  anggota Dewan  Komisaris  lain,  anggota  Direksi  dan/atau  pemegang  saham  BPR.
  • Paket/kebijakan  remunerasi  dan  fasilitas  lain  bagi  Direksi  dan  Dewan
  • Rasio gaji tertinggi dan gaji terendah;
  • Frekuensi  rapat  Dewan  Komisaris.
  • Jumlah  penyimpangan  intern  yang  terjadi  dan  upaya  penyelesaian  oleh BPR;
  • Jumlah permasalahan hukum dan upaya penyelesaian oleh BPR;
  • Transaksi yang mengandung benturan kepentingan; dan
  • Pemberian  dana  untuk  kegiatan  sosial  dan  kegiatan  politik,  baik  nominal maupun penerima dana.
  • URAIAN DARI POKOK-POKOK LAPORAN
  • Ruang  lingkup  Tata  Kelola
    • Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Direksi :
      • Jumlah dan komposisi anggota Direksi :
        • JumlahanggotaDireksi 2 orang :
          • P. ARRY MARDIYANTO  SE sebagaiDirekturUtama
          • ST.SAMBODO ADI YUWONO SE sebagai Direktur Kepatuhan diangkat sesuai dengan surat persetujuan OJK Nomor S-243/KO.0301/2018.
  • TindaklanjutDireksiatasrekomendasiDewanKomisaris;

Direktur Utama dan Direktur telah menjalankan tugas operasional BPR dengan baik, secara umum telah menindaklanjuti rekomendasi Dewan Komisaris, sebagaimana surat rekomendasi berikuttahun 2017 :

  • Tanggal 10 Januari  2017 Persetujuan dan pengesahan rencana kerja dan anggaran tahun 2017.
  • Tanggal 24 Mei 2017 Penetapan gaji direksi tahun 2017.
  • Tanggal 15 September 2017 Evaluasi kinerja keuangan posisi akhir Agustus 2017.
  • Tanggal 5 Desember 2017 Evaluasi kinerja keuangan posisi akhir Nopember.

 

  • PelaksanaanOperasional

Direksitelahmelaksanakan/MerealisasikanRencanaKerjadanAnggaranTahunan, secaraumumdapatmencapai target kecuali target pencapaianlabahanya99,32%. Target NPLtahun2017,4,61%barutercapai 4.91%. PengelolaanSumberDayaManusia (SDM) akanterusdioptimal,Secaraumumefisienmencapairasio BOPO 87.56%.

 

  • BMPK

Tidakterdapatpelanggaran BMPK

 

  • Tata Kelola, FungsiKepatuhandanManajamenRisiko

Direksitelahmenerapkan Tata Kelola, FungsiKepatuhandanmanajemenRisikosesuaiketentuan, ketentuanmengenaikebijakan, pelaksanaandanlaporan-laporantelahdilaksanakan. Hasilpenilaianself assessmentdengannilaidanperingkatkomposit2,00(CukupBaik). Kepatuhanterhadapketentuanmenunjukanhasilcukupbaik, PenerapanManajemenRisikomengeksposeProfilRisikopadatingkatRendah (angka 4).Suratpenyampaianlaporan-laporanke OJK daninstansi-instansisebagaimanadiaturdalamketentuantelahdilakukan.

 

  • TransparansiKondisikeuangandan non keuangan.

DireksitelahmembuatLaporanKeuanganTahunan yang diperiksaoleh Kantor AkuntanPublik yang terdaftar di OJK dengan “pendapatwajar”disahkandalamRUPS bulanMaret 2018.

DireksitelahMempublikasikanlaporankeuangantriwulansecararutinditiapseluruhkantorpusatdanlayanan yang ada. Dan untuklaporankeuangantahunantelahdipublikasikanlewat media masa.

SelainituDireksitelahmendokumentasikansemuapenangananpengaduannasabah.

 

  • Pelaksanaan tugas dan tanggung jawab Dewan Komisaris :
    • jumlah dan komposisi anggota Dewan Komisaris tahun 2017:
      • H. SOEMANTRI, sebagaiKomisarisUtama
      • AGUS TURIPTO,  BcHksebagaiKomisaris

Masing masing lulus Fit and Proper Tes OJK dengan surat No. S-152/KO.42/2014. Dantelah disahkan oleh RUPS No. 19 Tanggal 17 Maret 2014.

 

Dewan komisaris telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sesuai kewenangannya BPR antara lain :

  • Memastikanterselenggaranyapenerapan Tata Kelolapadasetiapkegiatanusaha BPR di seluruhtingkatanataujenjangorganisasi.
  • MelaksanakanpengawasanterhadappelaksanaantugasdantanggungjawabDireksisertamemberikannasihatkepadaDireksi.
  • Dalammelaksanakanpengawasansebagaimanadimaksudpadahuruf b), DewanKomisariswajibmengarahkan, memantau, danmengevaluasipelaksanaankebijakanstrategis BPR.
  • Dalammelaksanakanpengawasansebagaimanadimaksudpadahuruf b), DewanKomisarisdilarangikutsertadalampengambilankeputusanmengenaikegiatanoperasional BPR, kecualiterkaitdengan:
    • penyediaandanakepadapihakterkaitsebagaimanaketentuan yang mengaturmengenaibatasmaksimumpemberiankredit BPR; dan
    • hal-hal lain yang ditetapkandalamperaturanperundang-undangan.
  • MemastikanbahwaDireksimenindaklanjutitemuan audit danrekomendasidarisatuankerjaataupejabat yang bertanggungjawabterhadappelaksanaan audit intern BPR, auditor ekstern, hasilpengawasanDewanKomisaris, OtoritasJasaKeuangan, dan/atauotoritaslainnya.
  • MemberitahukankepadaOtoritasJasaKeuangan:
    • pelanggaranperaturanperundang-undangan di bidangkeuangandanperbankan; dan/atau
    • keadaanatauperkiraankeadaan yang dapatmembahayakankelangsunganusaha BPR;

AnggotaDewanKomisaristelahmelakukanpembelajaransecaraberkelanjutanuntukmeningkatkanpengetahuangunamendukungpelaksanaantugasdantanggungjawabnya.

 

  • Rekomendasi Dewan Komisaris Kepada Direksi;
    • Tanggal 10 Januari  2017 Persetujuan dan pengesahan rencana kerja dan anggaran tahun 2017
    • Tanggal 24 Mei 2017 Penetapan gaji direksi tahun 2017
    • Tanggal 15 September 2017 Evaluasi kinerja keuangan posisi akhir Agustus 2017
    • Tanggal5 Desember 2017 Evaluasi kinerja keuangan posisi akhir Nopember

 

  • Fungsi Pengawasan Dewan Komisaris

DewanKomisarismenjalankanfungsipengawasandengankegiatan :

  • Kehadiran di kantor BPR minimal2 kaliseminggu.
  • Menyelenggarakanrapat minimal 4 kali dalam 1 tahun.
  • Memberikan saran-saran kepadaDireksi, denganpengawasanlangsung (OTS) dantidaklangsung (memeriksaberkas-berkas)

 

  • Kepemilikan  saham  anggota  Direksi  serta  hubungan  keuangan  dan/atau hubungan  keluarga  anggota  Direksi  dengan  anggota  Dewan  Komisaris, anggota  Direksi  lain  dan/atau  pemegang  saham  BPR

 

Susunan Pengurus dan Pemegang Saham

Susunan pengurus yang tercatat dalam administrasi Bank adalah sebagai berikut tahun 2017 :

 

DAFTAR PENGURUS

JABATAN

NAMA

KomisarisUtama

H. SOEMANTRI

Komisaris

AGUS TURIPTO, BcHk

DirekturUtama

P. ARRY MARDIYANTO,  SE

Direktur

ST. SAMBODO ADI YUWONO, SE

Daftar Kepemilikan  Saham Direksi dan hubungan keluarga/keuangan di BPR GUNADAYA dalamtahun 2017.

Direksi

KepemilikanSaham

Hubungankeluarga/keuangan

P  ARRY MARDIYANTO  SE  /DirekturUtama

DirekturUtamamemilikisaham di BPR sebanyak  531.lbrRp.106.200.000,- (1.49%)darikepemilikansaham BPR tersebut.

Nihil

SAMBODO ADI  YUWONO  SE

/Direktur

Direkturmemilikisaham di BPR sebanyak  90.lbrRp.18.000.000,- (0.25%)   darikepemilikansaham BPR tersebut.

Nihil

 

 

Daftar Kepemilikan  Saham

Direksi

dan hubungan keluarga/keuangan di perusahaan lain:

Direksi

Kepemilkansaham

Hubungankeluarga/keuangan

P  ARRY MARDIYANTO  SE

/DirekturUtama

Nihil

Nihil

SAMBODO ADI  YUWONO  SE

/Direktur

Nihil

Nihil

 

  • Kepemilikan  saham  anggota  Dewan  Komisaris  serta  hubungan  keuangan dan/atau  hubungan  keluarga  anggota  Dewan  Komisaris  dengan  anggota Dewan  Komisaris  lain,  anggota  Direksi  dan/atau  pemegang  saham  BPR.

 

Daftar Kepemilikan  Saham Dewan Komisaris

Komisaris

Kepemlikan Saham

Hubungan keuangan/keluarga

H. SOEMANTRI

Komisarisutama

Memilikisaham di BPR sebanyak 559.lbrdenganjumlahRp111.800.000,- ( 1.57%)   darikepemilikansaham BPR tersebut.

Nihil

AGUS TURIPTO BcHkKomisarisanggota

Memilikisaham di BPR sebanyak188.lbrRp37.600.000,- ( 0.53%)   darikepemilikansaham BPR tersebut.

Nihil

 

Daftar Kepemilikan Saham Dewan Komisaris Di perusahaanlain

Komisaris

Kepemlikan Saham

Hubungan keuangan/keluarga

H. SOEMANTRI

Komisarisutama

Nihil

Nihil

AGUS TURIPTO BcHk

Komisaris

Nihil

Nihil

 

 

  • Rasio gaji tertinggi dan terendah, dalam skala perbandingan:

1)  rasio gaji pegawai yang tertinggi dan terendah            = 3,73:1

2)  rasio gaji Direksi yang tertinggi dan terendah              = 1,09:1

3)  rasio gaji Komisaris yang tertinggi dan terendah         = 1.02:1

4)  rasio gaji Direksi tertinggi dan Komisaris tertinggi      = 2,18   :   1

5)  rasio gaji Direksi tertinggi dan pegawai tertinggi         = 3,10:1

 

 

  • Frekuensi  rapat  Dewan  Komisaris.

1) Jumlah rapat yang diselenggarakan dalam 1 (satu) tahun;

      Rapat telah diselenggarakan sebanyak 4 kali dalam 1 tahun

2) kehadiran masing-masing anggota di setiap rapat;

Rapat selalu dihadiri oleh seluruh anggota Komisaris

3) Topik atau materi rapat;

No

Tanggal

Materi Rapat

1

10 Januari  2017

Persetujuandanpengesahanrencanakerjadananggarantahun 2017

2

24 Mei 2017

Penetapangajidireksitahun2017

3

15 September 2017

EvaluasikinerjakeuanganposisiakhirAgustus 2017

4

5 Desember 2017

EvaluasikinerjakeuanganposisiakhirNopember 2017

 

 

  • Jumlah  penyimpangan  intern  yang  terjadi  dan  upaya  penyelesaian  oleh BPR;

 

Internal Fraud

dalam 1tahun

Jumlah kasus yang dilakukan oleh

Direksi

Dewan Komisaris

Pegawai tetap

Pegawai tidak tetap

2016

2017

2016

2017

2016

2017

2016

2017

Total

Fraud

Telahdiseleasaikan

nihil

nihil

nihil

Nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

 

nihil

 

nihil

 

nihil

 

nihil

Dalamproses

penyelesaian internalBPR

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

Belumdiupayakan

Penyelesaiannya

Telah ditindaklanjutimelalui

Proseshukum.

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

nihil

 

nihil

 

nihil

 

nihil

 

nihil

 

 

 

  • Jumlah permasalahan hukum dan upaya penyelesaian oleh BPR;

 

Permasalahan Hukum

Jumlah

Perdata

Pidana

Telah  selesai  (telah  mempunyai

kekuatan hukum yang tetap)

nihil

nihil

Dalam proses penyelesaian

Nihil

nihil

Total

nihil

nihil

 

  • Transaksi yang mengandung benturan kepentingan

 

No

Nama dan Jabatan Pihak yang Memiliki BenturanKepentingan

Nama dan Jabatan Pengambil Keputusan

Jenis Transaksi

Nilai Transaksi

(jutaan Rupiah)

Keterangan

*)

 

Nihil

Nihil

Nihil

Nihil

Nihil

*)  -  tidak sesuai sistem dan prosedur yang berlaku; dan

- menjelaskan  keterkaitan  antara  nama  dan  jabatan  pihak yang  memiliki  benturan  kepentingan  dengan  nama  dan jabatan pengambil keputusan.

 

  • Pemberian  dana  untuk  kegiatan  sosial  dan  kegiatan  politik,  baik  nominal maupun penerima dana.

 

No

Kegiatan Sosial

Jumlah (Rp)

1

Bazar murahtahunanmenjelangIdulFitritahun 2017penerimakaumfakir miskindisekitarkantorpusatdankantorkas

Rp20.288,000,-

2

Sumbangan non Operasional ( pendidikan, olah raga, kegiatan sosial lainnya )

Rp3.550.500,-

 

 

  • PENUTUP

 

Laporan Penerapan Tata Kelola BPR yang mengacu pada prinsip “TARIF” pada dasarnya merupakan seluruh proses kerja (businnes process) PT BPR GUNADAYA selama satu tahun melalui pendekatan pemberdayaan seluruh Sumber Daya yang ada di BPR sehingga mengupayakan tidak terdapat data/informasi  strategis dan signifikan yang tertinggal. Namun demikian apabila dikemudian hari ditemukan data/informasi penting yang belum dilaporkan, maka agar segera dilakukan up-date terhadap Laporan ini.

 

 

 

Boyolali, 19April 2018

PT BPR GUNADAYA

 

 

 

              KOMISARIS UTAMA                                           DIREKTUR UTAMA

 

 

 

 

                 (H. SOEMANTRI )                                     (P. ARRY MARDIYANTO, SE)

 

 

 

     Rekanan Bank

  Contact Details

  • Kantor Pusat
    Jl. Merapi No. 6 Boyolali
    Fax : (0276) 325 333
    Telp : (0276) 322 022
    Email: bgd@gunadaya.co.id

  • Kantor Cabang
    Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1a Kec. Laweyan, Surakarta
    Telp : 085102902996